Ramadhan Bulan Intropeksi Diri

Sesungguhnya Allah SWT memberikan nikmat yang sangat besar kepada manusia yaitu dengan bulan Ramadhan sebagai bulan Keberkahan, Rahmat dan Ampunan. pada hari ini seandainya manusia tahu akan hikmah dimana setiap pahala kebaikan yang dikerjakan oleh Manusia akan dilipat gandakan sebanyak 70 derajat untuk sholat sunahnya. dan wajibnya 700 derajat, sesungguh ia kan meminta 12 bulan sebagai bulan Ramadhan.

pada firman allah SWT menjelaskan bahwa :

“Bulan Ramadhan adalah bulan bulan diturunkannya Al Qur’an. Al Quran adalah petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil)” (QS. Al Baqarah: 185)

dalam riwayat muslim disebutkan :

“Semua amalan bani adam akan dilipatgandakan, satu kebaikan akan dibalas dengan sepuluh kali lipat hingga 700 kali lipatnya, Allah ta’ala berfirman, ‘Kecuali puasa sesungguhnya puasa itu untuk-Ku dan aku yang akan membalasnya, ia meninggalkan syahwat dan makannya karena aku, maka Aku yang akan membalasnya.’ Dan bagi orang yang berpuasa mempunyai dua kebahagiaan: kebahagiaan ketika berbuka dan kebahagiaan ketika bertemu dengan Rabb-nya. Benar-benar mulut orang yang berpuasa di sisi Allah lebih harum daripada harumnya misk.”

pada bulan ini kita melakukan intropeksi diri terhadap kehilapan dan kesalahan yang selama 11 bulan diperbuat, dengan datangnya bulan Ramadhan ini akan menjadi pembeda mana orang yang bertaqwa dan orang munafik, karena ketaqwaan keihklasan manusia menjalankan perintah Allah SWT dan Rasullah SAW dengan sebaik-baik, Ramadhan bulan kita mendulang pahala ini investasi masa depan, yang akan dinikmati apabila tanaman yang kita tanam produktif atau mudorot sehingga menjadi malapetaka bagi manusia itu sendiri.

Marilah kita kejar amalan Ibadah dan kebaikan di bulan Ramadhan sehingga akan menjadi Insan kamil dan berahlak qurani.Amin

bersambung…

 

Be Sociable, Share!

No Comments Yet

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>